Posisi Tidur Yang Baik Bagi Kesehatan

Setiap orang pasti membutuhkan tidur, karena tidur merupakan rutinitas yang harus dilakukan untuk mengistirahatkan semua organ tubuh manusia kecuali organ - organ yang vital seperti jantung, paru - paru, dan sebagainya.

Sumber : www.republika.co.id

Menurut penelitian, tidur yang baik adalah sekitar 8 jam sehari semalam, kurang tidur akan menyebabkan seseorang terkena insomnia. Namun apabila posisi tidur yang salah pada saat tidur juga akan mengakibatkan kurang nyaman atau rasa sakit pada saat bangun, maka sudah dapat dipastikan bahwa posisi saat tidur sudah salah.

Setiap orang biasanya tidur dengan posisi tengkurap, terlentang, atau bahkan dengan posisi miring. Namun perlu anda ketahui bahwa dengan posisi tidur anda akan menentukan kesehatan anda. Maka sangat disarankan untuk mengetahui posisi tidur anda, agar terhindar dari penyakit dikemudian hari. Dibawah ini adalah beberapa posisi tidur yang dianjurkan, diantaranya.

1. Tidur Terlentang

Tidur dengan posisi ini akan mencegah anda mengalami sakit leher dan punggung, karena posisi ini akan memudahkan bagian kepala, tulang belakang, dan leher mendapatkan posisi netral. Tidur dengan posisi terlentang juga sangat baik bagi wajah karena tidak ada yang menekan wajah sehingga tidak menyebabkan keriput pada wajah. 

Tidur Posisi Terlentang
Sumber : panduanhidupsehat.com

Namun posisi ini tidak dianjurkan bagi anda yang mendengkur, karena tenggorokan akan menyempit dan mengakibatkan getaran yang menyebabkan mendengkur.

2. Tidur Posisi Miring

Posisi tidur yang satu ini sudah sering dilakukan oleh banyak kalangan. Namun hanya satu posisi miring yang dianjurkan yaitu kearah kanan, karena apabila ke arah kiri akan mengakibatkan posisi jantung yang berada dibawah tubuh anda sehingga jantung susah memompa darah keseluruh tubuh.

Tidur Posisi Miring
Sumber : americanpillo.com

Beberapa orang menganggap bahwa posisi miring sangat baik bagi yang sering mendengkur karena tenggorokan tidak berhimpitan. Dan juga  bagi penderita ulu hati.

3. Posisi Tengkurap  

Posisi tidur tengkurap kurang begitu dianjurkan untuk kesehatan. Karena posisi ini menekan perut dada yang mengakibatkan anda susah bernapas dengan leluasa. Posisi ini juga kurang baik bagi yang ingin membentuk payudara dan ibu hamil. 

Tidur Posisi Tengkurap
Sumber : rimanews.com

Dan juga akan mengakibatkan nyeri, kebas dan kesemutan ketika bangun. Namun posisi tengkurap sangat baik bagi yang suka mendengkur karena udara lebih mudah masuk dan keluar.

Sebenarnya tidak hanya posisi tidur yang menentukan baiknya tidur bagi kesehatan. namun juga banyak faktor seperti waktu tidur yang cukup, menggunakan bantal yang empuk, suhu ruangan yang baik, serta menghindari begadang hingga larut malam adalah beberapa cara yang tepat untuk mendapatkan tidur yang sehat.

Sekian dari artikel ini, semoga bermanfaat buat anda yang sedang menderita tidur yang kurang nyaman. Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »