Cara Mengobati Flu Dengan Cara Tradisional

Flu merupakan penyakit yang sangat umum terjadi pada setiap orang. Influenza atau flu adalah penyakit yang disebabkan virus RNA dari famili Orthomyxoviridae, flu juga dapat menular kepada semua orang. Cuaca yang tidak stabil dan badan yang kurang sehat menyebabkan tubuh terkena flu. Flu biasanya ditandai dengan bersin - bersin, hidung tersumbat, badan menggigil, cepat lelah, dan sebagainya.

Sumber : www.strive-uk.org

Meskipun influenza tergolong virus yang ringan, namun flu dapat dengan mudah menyebar melalui bersin, sentuhan ataupun udara, dan bahkan melalui makanan atau minuman. Dengan pengobatan yang tepat, flu dapat diatasi bahkan dengan cara tradisional. 

Berikut ini adalah cara mengatasi flu dengan cara tradisional :

1. Mengkonsumsi Minuman Hangat

Sumber : www.akuinginsukses.com

Ketika anda flu, mengkonsumsi minuman hangat seperti air hangat, wedang jahe, teh hangat dapat membantu mengurangi hidung mampet, melegakan tenggorokan yang terganggu akibat cairang ingus. karena pada saat flu, tubuh akan sangat banyak mengeluarkan keringat, cairang hidung yang dapat menyebabkan dehidrasi. Maka dengan mengkonsumsi minuman hangat ketika flu, akan meredakan penyakit flu anda.

2. Beristirahat 

Sumber : mencegahpenyakit.com

Ketika cuaca yang tidak stabil dan aktivitas yang sangat padat mengakibatkan kondisi tubuh akan melemah dan akan menyebabkan influenza dapat menyerang anda. Karena ketika kekebalan tubuh melemah akan sangat mudah bagi virus RNA menyerang tubuh anda.

3. Melakukan Terapi Uap

Metode ini memanfaatkan penguapan sebagai cara untu mengatasi pengakit flu. Dengan menggunakan handuk, baskom, dan sedikit aroma dari minyak kayu putih, atau rempah - rempah lainnya dapat mengatasi flu. Berikut ini adalah cara melakukan terapi uap :
  • Pertama, menyiapkan kain atau handuk yang agak tebal
  • Kemudian isi air panas kedalam wadah yang besar seperti baskom
  • Setelah itu, campurkan minyak kayu putih atau tempah - rempah (jahe, kunyit atau yang lainnya) kedalam baskom tadi dan diamkan selama 5 sampai 10 menit.
  • Letakkan air hangat yang sudah dicampur tepat diatas wajah anda (posisi wajah menunduk)
  • Selanjutnya, tutup kepala anda dengan handuk atau kain tebal tadi
  • Lakukan terapi ini selama 15 - 30 menit

4. Mengkonsumsi Makanan Dengan Rasa Pedas

Sumber : obatpanasdalam.com

Mungkin cara yang satu ini sudah lama kita ketahui, yaitu dengan mengkonsumsi makanan dengan rasa pedas seperti sup dengan lada. Jika mengkonsumsi makanan pedas akan membantu melegakan hidung tersumbat, meningkatkan peredaran darah keseluruh tubuh. Karena cabai atau bahan pedas lainnya dalam makanan tadi mengandung senyawa capcaisin yang membantu mengurangi flu.

Apabila flu anda semakin lama semakin parah, alangkah baiknya untuk memeriksa langsung ke dokter. Dan langsung minum obat dari rekomendasi dokter. 


Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi artikel ini. Dan semoga flu anda terobati.  

Untuk menambah wawasan anda baca juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Cara Menghilangkan Lemak Dalam Tubuh 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »