Kandungan Kacang Kedelai Dan Manfaatnya

Kacang kedelai merupakan salah satu jenis tanaman kacang - kacangan yang sudah ada sejak 3500 tahun yang lalu, dan sudah dikonsumsi oleh Asia Timur serta menjadi bahan baku pembuatan kecap, tahu, dan tempe. Di Indonesia sendiri sudah diproduksi menjadi tahu, tempe, camilan, dan ada juga yang langsung dikonsumsi. 

Sumber : manfaatbagus.com

Kedelai yang merupakan sumber protein nabati dan minyak nabati ini sangat peka terhadap pencahayaan. Karena jika pencahayaanya rendah maka batang kedelai akan memanjang sehingga terlihat seperti merambat. Di Jepang dan Cina hampir semua penduduk disana mengkonsumsi kedelai karena manfaatnya yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu kedelai dianjurkan oleh dokter untuk dikonsumsi.

Berikut ini adalah kandungan kacang kedelai :

1. Lemak Tak Jenuh

Kacang kedelai memiliki 19 % kandungan lemak dalam bijinya namun hampir semua itu adalah lemak tak jenuh. Kandungan lemak tak jenuh ini terdiri dari asam linolet dan omega 3, dan omega 3 inilah yang menjadi keistimewaan kedelai. Omega 3 yang sering kita jumpai pada ikan ini merupakan nutrisi penting yang membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.

2. Protein

Protein pada kacang kedelai sangat baik bagi tubuh karena dapat membantu pencernaan dan mengganti protein hewani bagi vegetarian. Protein yang sangat banyak dapat ditemukan di kacang hijau dan kacang merah. Selain untuk solusi diet, protein pada kedelai juga bagus untuk anak - anak dalam masa pertumbuhan karena dapat membangun sel - sel dalam tubuh.

3. Serat

Kacang kedelai menyediakan serat sekitar 8 gram didalamnya. Namun tidak semua produk kedelai mengandung serat yang tinggi seperti tahu dan susu. Sedangkan Tempe dan tepung kedelai mengandung banyak serat.

4. Kalsium

Kedelai yang memiliki kadar kalsium menyerupai kalsium pada susu sapi ternyata baik dibandingkan kandungan pada kacang - kacangan yang lainnya. Meskipun kalsium pada kedelai tinggi, jika diolah menjadi tahu dan susu akan mempengaruhi kadar kalsium itu sendiri.

5. Lechitin

Senyawa penghasil choline ini berguna bagi metabolisme tubuh. Karena Zat choline membantu metabolisme lemak yang terhambat pada hati. Tentu saja ini dapat melindungi hati anda dari lemak karena zat choline yang berbeda dengan yang ada di tomat ini mampu menghilangkan lemak yang tersendat di dalam hati.

Karena kandungannya yang sangat baik bagi tubuh, kedelai memiliki manfaat yang baik bagi tubuh agar terhindar dari penyakit. Dibawah ini adalah manfaat kacang kedelai.

1. Membantu Menyehatkan Pencernaan

Kedelai yang mengandung serat didalamnya dapat membantu mempercepat pembuangan sisa makanan yang terdapat didalam perut. Dengan menambahkan kedelai pada makanan anda, akan meningkatkan pencernaan pada perut anda.

2. Mencegah Osteoporosis

Kepadatan tulang yang semakin lama akan berkurang karena bertambahnya usia menyebabkan anda mengurangi aktivitas anda. Namun itu bisa diatasi dengan mengkonsumsi kacang kedelai karena mengandung isoflavon yang mirip dengan zat estrogen. 

Karena isovlafon yang mengikat reseptor pada estrogen akan meningkatkan kepadatan tulang dan memberikan perlindungan terhadap osteoporosis.

3. Mencegah Anemia

Kedelai yang memiliki kandungan zat besi terutama pada tempe yang dapat meningkatkan kerja B12 yang dapat meningkatkan pembentukan sel darah merah. Dan pembentukan sel darah merah yang dihasilkan oleh kedelai inilah yang ddapat mencegah anemia.

4. Menangkal Radikal Bebas

Aktivitas yang terlalu sering berada diluar dan secara terus menerus terkena polusi udara menyebabkan timbulnya radikal bebas. Namun dengan zat isoflavon yang terkandung dalam kedelai ini sangat baik untuk memperbaiki sel - sel yang rusak pada tubuh.

Namun tidak semua orang mengkonsumsi kedelai seperti penderita kanker payudara dan penderita batu ginjal. Karena kedelai mengandung oksalat yang dapat memicu batu ginjal. 



    



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »