Posisi Duduk Yang Benar Pada Saat Belajar

Tanpa kita sadari, dalam satu hari kita menghabiskan sekitar 8 sampai 10 jam lamanya untuk duduk. Hampir semua aktivitas kita pula dilakukan dalam posisi duduk, di rumah, kantor, sekolah dan bahkan ditempat umum. Dan hal ini sangat berpengaruh terhadap tulang punggung anda. Karena tulang punggung merupakan bagian tubuh terpenting dalam menjaga kestabilan tubuh anda.

Sumber :www.teakpalace.com

Sehingga alangkah baiknya kita untuk memperhatikan posisi duduk anda untuk menjaga tulang punggung anda dari penyakit dikemudian hari. Karena posisi duduk yang salah akan mengakibatkan kelainan pada tulang belakang.

Sumber : disehat.com

Berbagai cara akhirnya dilakukan untuk mengobati kelainan tulang belakang, hingga mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun jangan khawatir, berikut ini adalah cara mencegah kelainan tulang belakang dengan memperbaiki posisi duduk kita.

1. Duduk dengan tegak, punggung lurus dan bahu kebelakang. Duduk dengan posisi bokong berada pada ujung belakang kursi dan paha menempel pada dudukan kursi. Jika punggung anda terasa sedikit melengkung kedepan, anda bisa gunakan bantal atau semacamnya untuk menahan bagian punggung anda yang melengkung tadi.

Cara Duduk Yang Benar Dan Salah
Sumber : www.myindischool.com

2. Biasakan kaki anda untuk diletakkan pada palang kayu yang ada pada meja. Diusahakan untuk tidak menyilangkan kaki. Karena dengan memijakkan kaki anda, anda sudah berada pada posisi duduk yang sudah benar.

3. Usahakan jarak kursi dan meja jangan terlalu jauh.

4. Selama anda mengerjakan sesuatu dengan posisi duduk, diusahakan untuk meregangkan tangan dan siku anda agar tidak terjadi kram dan kesemutan.

5. Jika anda menulis tanpa menggunakan meja, diusahakan posisi duduk kaki anda harus sejajar dengan bagian bawah kaki dan lantai.

6. Jika anda akan mengambil sesuatu yang berada di belakang anda dalam posisi duduk, diusahakan untuk memutar seluruh bagian tubuh dan jangan sesekali hanya memutar punggung saja. karena akan mengakibatkan kelainan tulang belakang (memicu penyakit skoliosisi).

Cara Merelaksasi Ketika Terlalu Lama Duduk
Sumber : health.kompas.com

7. Jangan biarkan anda duduk terlalu lama, usahakan untuk mereleksasikan dengan cara berdiri, atau meregangkan otot agar tidak memicu resiko batu ginjal.


Sekian dari artikel ini, semoga bermanfaat bagi anda semua agar lebih memperhatikan cara duduk anda. Terima Kasih.

Baca juga : Posisi Tidur Yang Baik Bagi Kesehatan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
3 September 2017 pukul 00.10 delete

makasih gan sudah berbagi ilmu sangat bermanfaat sekali salam kenal,,

Reply
avatar