Jenis - Jenis Virus Komputer Dan Antivirusnya

Virus pada komputer memang sangat menyebalkan bagi pada Brainware atau User. Bagaimana tidak, virus ini merusak segala file pada folder di komputer anda. 

Sumber : thohavanhouten.wordpress.com

Virus ini merupakan program buatan dengan tujuan tidak baik yang menyebar dan menyelip pada setiap program dan file data. Virus ini menyebabkan kapasitas memori komputer/laptop menipis, membuat komputer/laptop mengalami freeze atau hang, mencuri data file pada komputer tanpa terdeteksi, dan juga mengubah ekstensi file menjadi program yang tidak bisa dijalankan.

Sumber : www.indogamers.com

Virus yang ada pada komputer menyerang LINUX/GNU, Sun Operating System, FreeBSD, Mac, dan lain - lain. Namun virus sebenarnya hampir 95% menyerang sistem operasi pada Windows. Virus yang memiliki banyak efek negatif ini mempunyai beberapa jenis dan efeknya pada komputer yang mungkin sudah tidak asing lagi, diantaranya :

1. Trojan Virus

Virus yang satu ini mungkin tidak asing lagi kalian lihat. Bagaimana tidak, virus ini menyebabkan membuat jengkel para user karena virus trojan mengambil data file pada komputer anda dan kemudian dikirim kepada pembuat virus trojan tersebut.

2. Worm Virus

Bagi yang sering menggunakan flashdisk untuk menyimpan atau mengirim data penting, mungkin Worm Virus ini adalah musuh terbesarnya. Karena Worm Virus ini memperbanyak dirinya sendiri dengan cara menduplikasikan dirinya pada flashdisk ataupun pada komputer anda. Hal inilah yang membuat kapasitas memori anda penuh.

3. Back Door Virus

Virus ini hampir sama dengan virus trojan, hanya saja virus ini menyerupai data file yang baik - baik saja tanpa diketahui oleh user. Virus ini sering ada pada game.

4. Rogue Virus

Rogue virus merupakan program yang meniru dan menyerupai antivirus karena beraktivitas seperti antivirus pada umumnya. Virus ini juga memberikan peringatan palsu dan membuka keamanan antivirus untuk mendatangkan virus yang lainnya.

Masih banyak virus pada komputer yang sulit dihentikan seperti Spyware, Rootkit, Polymorphic virus, Methamorphic virus, dan yang lainnya, serta ada juga virus pada ponsel. Meskipun setiap virus memiliki cara kerja yang berbeda, namun kita dapat mencegah penyebarannya dengan antivirus.

Sumber : www.hardwarekomputer.net

Berikut ini adalah beberapa antivirus yang dapat menghentikan penyebaran virus.

1. Smadav

Sumber : pelangikehidupan12.blogspot.co.id

Perangkat lunak yang dibuat oleh anak bangsa bernama Zainuddin Nafarin pada tahun 2006 ini merupakan perangkat lunak antivirus yang bertujuan mengatasi varian virus yang ada pada komputer baik lokal maupun internasional. 

Antivirus yang dibuat anak SMA 2 Palangka Raya ini memiliki sistem Smart - Lock yang berfungsi menyimpan file dengan aman pada alat penyimpan data dari virus dan SmaRTP yang bertugas mencegah virus mengeksekusi data pada komputer.

Info lebih lanjut bisa dilihat di sini www.smadav.net

2. AVG Antivirus

Sumber : news.techgenie.com

Salah satu antivirus gratis yang ada pada Windows 7, Windows 8, Windows Vista, dan Windows XP ini memiliki antispyware, tautan scanner, email scanner, update otomatis, dan masih banyak lagi fitur pendukung AVG Antivirus.

Jika ingin menginstal AVG Antivirus, bisa dilihat disini www.avg.com

3. Avira Antivirus

Sumber : softonic.com

Antivirus ini mungkin sudah lama kita kenal karena selalu ada pada komputer kita. Salah satu perangkat lunak antivirus gratis terbaik yang memiliki tingkat keamanan yang dapat diandalkan untuk mencegah virus pada komputer. Namun Avira memiliki kelmahan yaitu pembacaan file yang masih salah yang mengakibatkan file yang sudah benar dianggap virus.

Jika ingin menginstal dan mencari tau info lebih lanjut, dapat dilihat disini www.avira.com

Dan masih banyak lagi perangkat lunak untuk antivirus yang sangat membantu dalam penanganan melawan virus pada komputer anda. Serta komputer/laptop harus tetap dijaga agar tidak kemasukan virus dengan menghindari file - file palsu yang ada pada perangkat lain.


Sekian, semoga dapat berguna dan Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »